FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TERHADAP KEJADIAN ADVERSE DRUG REACTION DIRUANG RAWAT INAP RS SENTRA MEDIKA CIKARANG

Penulis

  • Kharissa Damayanti Universitas Medika Suherman
  • Ike Maya Permanasari Universitas Medika Suherman
  • Nuzul Gyanata Adiwisastra Universitas Medika Suherman
  • Aprilina Sartika Universitas Medika Suherman

Kata Kunci:

Adverse Drug Reaction, Pengetahuan Perawat, Faktor Pendidikan, Farmakovigilans, Rumah Sakit

Abstrak

Pendahuluan: Adverse Drug Reaction (ADR) merupakan masalah serius dalam pelayanan kesehatan yang dapat meningkatkan angka kesakitan, mortalitas, dan beban biaya perawatan. Pengetahuan perawat berperan penting dalam mendeteksi serta melaporkan ADR secara tepat. Metode: Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 58 perawat ruang rawat inap yang dipilih melalui total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Korelasi Spearman. Hasil: Mayoritas perawat memiliki tingkat pengetahuan tinggi mengenai ADR (79,3%), sedang (19%), dan rendah (1,7%). Dari variabel yang diteliti, hanya tingkat pendidikan yang menunjukkan hubungan signifikan dengan pengetahuan perawat (p = 0,030). Variabel lain tidak signifikan (p > 0,05). Simpulan: Tingkat pendidikan merupakan faktor utama yang memengaruhi pengetahuan perawat terhadap ADR. Diperlukan strategi edukasi dan pelatihan berbasis peningkatan kompetensi untuk meningkatkan kesiapsiagaan perawat dalam menangani ADR.

Introduction: Adverse Drug Reactions (ADRs) are a serious problem in health care that can increase morbidity, mortality, and the cost of treatment. Nurses' knowledge plays an important role in detecting and reporting ADRs accurately. Method: This was a descriptive analytical study using a cross-sectional approach involving 58 nurses in the inpatient ward selected through total sampling. Data were analyzed using Spearman's correlation test. Result: The majority of nurses had a high level of knowledge about ADRs (79.3%), while 19% had a moderate level and 1.7% had a low level. Of the variables studied, only the level of education showed a significant relationship with nurses' knowledge (p = 0.030). Other variables were not significant (p > 0.05). Conclusion: The level of education is the main factor that influences nurses' knowledge of ADRs. Education and training strategies based on competency improvement are needed to increase nurses' preparedness in handling ADRs.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30