PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PADA GURU SMA PLUS TARUNA AKTERLIS MEDAN

Penulis

  • Firstika Nabilla Balqis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Beban Kerja, Kinerja, Guru, Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja

Abstrak

Dalam suatu instansi pengajar, kinerja guru sangat berpegaruh terhadap produktivitas karena apabila guru bekerja buruk maka akan berdampak buruk pula terhadap instansi pengajar tersebut. Maka dari itu beban kerja yang diterima oleh guru harus sesuai dengan kemampuannya, hal tersebut dapat berdampak dengan kinerja mereka dalam melakukan pekerjaanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah beban kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja pada guru SMA Plus Taruna Akterlis Medan. Penelitian ini merupakann penelitian kuantitatif dengan design cross-sectional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapati bahwa beban kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pada guru SMA Plus Taruna Akterlis Medan dikarenakan memiliki nilai koefisien regresi 0,742 bernilai positif dan 5,802 (thitung) > 2,018 (ttabel) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Penelitian selanjutkan disarankan untuk dapat menambahkan variable lain yang kemungkinan dapat mempengaruhi variabel kinerja.

In a teaching institution, teacher performance greatly influences productivity because if teachers work poorly, it will also have a negative impact on the teaching institution. Therefore, the workload received by teachers must be in accordance with their abilities, this can have an impact on their performance in doing their jobs. The purpose of this study was to determine whether workload has an effect on performance of teachers of SMA Plus Taruna Akterlis Medan. This study is a quantitative study with a cross-sectional design. The study was conducted using the classical assumption test, simple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of the study found that workload has a positive and significant effect on performance of teachers of SMA Plus Taruna Akterlis Medan because it has a regression coefficient value of 0.742 with a positive value and 5.802 (tcount)> 2.018 (ttable) with a significance value of 0.000 <0.05. Further research is suggested to be able to add other variables that may possibly affect the performance variable.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30