FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA GURU DI SEKOLAH AL-FITYAN SCHOOL MEDAN

Penulis

  • Keysha Febri Dhanty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meutia Nanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Faktor-Faktor, Guru, Hubungan, Kelelahan

Abstrak

Kelelahan kerja telah menjadi masalah kesehatan kerja yang signifikan secara global, dan International Labour Organization (ILO) melaporkan bahwa dua juta pekerja di seluruh dunia meninggal setiap tahun akibat kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelelahan. Di Sekolah Al-Fityan Medan, wawancara awal mengungkapkan bahwa guru mengalami gejala fisik dan psikologis kelelahan kerja, terutama pada guru dengan beban mengajar 24-46 jam per minggu ditambah tanggung jawab administratif dan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada guru di sekolah Al-Fityan School Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan rumus lemeshow. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk analisis bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelelahan kerja berhubungan terhadap beberapa faktor, yaitu faktor lama kerja dengan nilai p value = 0,045 (P<0,05) dan nilai PR =2,031, beban kerja dengan nilai p value = 0,020 (P<0,05) dan nilai PR =2,668, dan stres kerja dengan nilai p value = 0,034 (P<0,05) dan nilai PR = 5,442 sedangkan faktor masa kerja dengan nilai p value = 0,399 (P<0,05) dan nilai PR = 1,411 tidak memiliki hubungan dengan kelelahan kerja.

Work fatigue has become a significant occupational health problem globally, and the International Labour Organization (ILO) reports that two million workers worldwide die annually from work-related accidents caused by fatigue. At Al-Fityan School Medan, preliminary interviews revealed that teachers experience physical and psychological symptoms of work fatigue, particularly among teachers with teaching loads of 24-46 hours per week plus administrative and extracurricular responsibilities. This study aims to determine the factors associated with work fatigue of teachers at Al-Fityan School Medan. This research is quantitative using a cross-sectional research method. This study used a simple random sampling and applied the Lemeshow formula. Data analysis used the chi-square test for bivariate analysis. The results of this study indicate that work fatigue is associated with several factors, namely work duration with p value = 0.045 (P<0.05) and PR value = 2,031, workload with p value = 0.020 (P<0.05) and PR value = 2,668, and work stress with p value = 0.034 (P<0.05) and PR value = 5,442, while the work tenure factor with p value = 0.399 (P<0.05) and PR value = 1,411 has no association with work fatigue.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30