HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA-SEKOLAH DI BANGSAL ANAK RST TK.II DR. SOEDJONO MAGELANG
Kata Kunci:
Kata Kunci Terdiri Atas Tiga Sampai Lima Kata Yang Dipisahkan Dengan Koma, Diurutkan Berdasarkan Abjad, Menggunakan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris, Menggunakan Times New Roman 11, Single SpacedAbstrak
Latar Belakang: Perkembangan anak di dukung oleh status gizi yang baik dan seimbang, sebab gizi tidak seimbang maupun gizi buruk serta derajat kesehatan yang rendah akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan maupaun perkembangannya. Kekurangan Gizi pada masa pra sekolah dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak pra sekolah. Gizi yang tidak optimal pada anak dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat yang tidak dapat diubah (irreversible) pada saat mereka sudah dewasa, seperti gangguan kognitif yang dapat mengurangi kinerja pada saat si anak telah dewasa. Tujuan: Mengetahui hubungan status gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia pra-sekolah di Bangsal Anak RST Tk II dr.Soedjono Magelang. Metode: Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Teknik pengumpulan data pada responden menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada responden dan pengukuran variabel menggunakan instrumen kuesioner kemudian teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling pada pasien anak usia pra-sekolah dengan usia 3-5 tahun di Bangsal Anak RST Tk.II dr Soedjono Magelang. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdapat 37 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji –t, uji-f dan uji analisis regresi. Hasil: Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh Status Gizi (X) terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan (Y) Anak Usia Pra-Sekolah”
Background: Children's development is supported by good and balanced nutritional status, because unbalanced nutrition or poor nutrition and low health status will greatly influence their growth and development. Malnutrition during the pre-school period can affect the growth and development process of pre-school children. Suboptimal nutrition in children can cause irreversible stunted growth when they are adults, such as cognitive impairment which can reduce performance when the child is an adult. Objective: To determine the relationship between nutritional status and the growth and development of pre-school children in the Children's Ward of RST Kindergarten II Dr. Soedjono Magelang. Method: The research was conducted quantitatively with a cross-sectional approach. The data collection technique for respondents used a questionnaire which was distributed directly to respondents and variable measurement used a questionnaire instrument. Then the sampling technique used was purposive sampling for pre-school children aged 3-5 years in the Children's Ward of RST Tk.II Dr Soedjono Magelang. The total sample in this study was 37 respondents. The collected data was analyzed using the t-test, f-test and regression analysis test. Results: Based on the results of the hypothesis test, it is known that the significance value (Sig.) of 0.000 is less than <0.05 probability, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that "There is an influence of Nutritional Status (X) on the Growth and Development (Y) of Pre-School Age Children"