EFEKTIVITAS EDUKASI GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 20 MAKASSAR
Kata Kunci:
Remaja, Media Edukasi, Gizi Seimbang, Pendidikan GiziAbstrak
Latar Belakang: Masa anak-anak merupakan masa penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sehingga perlu mendapatkan asupan zat gizi yang cukup dan seimbang, namun dalam pemilihan makanan terkadang mereka keliru dan lebih memilih makanan fast food. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang sehingga untuk meningkatkan pengetahuan diperlukan edukasi gizi. Tujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi gizi seimbang melalui video dan powerpoint terhadap pengetahuan siswa kelas 7 di SMP Negeri 20 Makassar Tahun 2024. Metode adalah quasy experimental two group pretest posttest design. Dua kelompok diberikan perlakuan berbeda dengan 36 jumlah siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah kedalam analisis univariat, bivariat dengan uji t-paired test. Hasil menunjukkan adanya efektivitas antara media video (p=0,000) dan media powerpoint (p=0,000). Nilai gain score pada media video (0,5) efektivitas sedang lebih besar dibandingkan dengan gain score media powerpoint (0,35). Kesimpulan terdapat efektivitas pada media video dan powerpoint dalam meningkatkan pengetahuan pada ranah kognitif siswa. Media video lebih efektif dibandingkan dengan media powerpoint.
Background: Childhood is an important period in growth and development so it is necessary to get sufficient and balanced nutritional intake, but in choosing food sometimes they are wrong and prefer fast food. This is due to a lack of knowledge about balanced nutrition so that to increase knowledge, nutrition education is needed. The purpose is to analyze the effectiveness of balanced nutrition education through video and powerpoint on the knowledge of grade 7 students at SMP Negeri 20 Makassar in 2024. The method is a quasi-experimental two group pretest posttest design. Two groups were given different treatments with 36 students. Data collection using a questionnaire and processed into univariate and bivariate analysis with a paired t-test. The results showed effectiveness between video media (p = 0.000) and powerpoint media (p = 0.000). The gain score value on video media (0.5) is more effective than the gain score on powerpoint media (0.35). In conclusion is that there is effectiveness in video and powerpoint media in increasing knowledge in the cognitive domain of students. Video media is more effective than powerpoint media.