PENGARUH EDUKASI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEPATUHAN PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PAGELARAN

Penulis

  • Wulandari Universitas Aisyah Pringsewu
  • Mida Pratiwi Universitas Aisyah Pringsewu
  • Diah Kartika Putri Universitas Aisyah Pringsewu
  • Wina Safutri Universitas Aisyah Pringsewu

Kata Kunci:

Edukasi, Hipertensi, Kepatuhan, Pengetahuan, Sikap

Abstrak

Hipertensi salah satu penyakit tidak menular yang dikenal sebagai silent killer karena tidak menimbulkan gejala hingga menimbulkan komplikasi yang serius kurangnya pengetahuan dapat meningkatnya risiko. Edukasi kesehatan menjadi salah satu intervensi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman, membentuk sikap yang positif dan mendorong kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan pasien hipertensi di Puskesmas Pagelaran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode quasi eksperimental pre-test and post-test group design. Sampel berjumlah 86 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada ketiga variabel setelah diberikan edukasi kesehatan. sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan baik (49%), sikap baik (91%) dan kepatuhan kategori patuh (91%). Berdasarkan hasil penelitian ini uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan nilai tingkat pengetahuan dengan nilai signifikan (p = 0,000), sikap (p =0,000) dan kepatuhan (p = 0,010) (p<0,05). Kesimpulan pada penelitian ini adalah pemberian edukasi berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan pada pasien hipertensi di Puskesmas Pagelaran.

Hypertension is a non-communicable disease known as a silent killer because it does not cause symptoms until it causes serious complications. Lack of knowledge can increase the risk. Health education is one of the effective interventions to improve understanding, form a positive attitude and encourage medication adherence in hypertensive patients. This study aims to analyze the effect of health education on knowledge, attitudes and adherence of hypertensive patients at the Pagelaran Community Health Center. This study uses a quasi-experimental pre-test and post-test group design. The sample consisted of 86 respondents selected using purposive sampling techniques based on inclusion and exclusion criteria. Data were collected through questionnaires that had been tested for validity and reliability. The results of this study showed an increase in all three variables after being given health education. Most respondents had a good level of knowledge (49%), a good attitude (91%), and compliance in the compliant category (91%). Based on the results of this study, the Mann Whitney test showed a significant difference in the level of knowledge (p = 0.000), attitude (p = 0.000) and compliance (p = 0.010) (p

<0.05). The conclusion of this study is that providing education has an effect on knowledge, attitudes and compliance in hypertension patients at the Pagelaran Community Health Center.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30