ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PAGELARAN

Penulis

  • Zahrina Zumniati Universitas Aisyah Pringsewu
  • Mida Pratiwi Universitas Aisyah Pringsewu
  • Wina Safutri Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fina Aulika Universitas Aisyah Pringsewu

Kata Kunci:

Analisis Faktor Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas

Abstrak

Pelayanan kefarmasian di Puskesmas dikenal sebagai layanan yang diberikan secara langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi. Standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas dibuat untuk membantu Puskesmas memberikan pelayanan kefarmasian yang berkualitas. Terdapat beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kefarmasian diantaranya sarana prasarana, KIE, kecepatan pelayanan dan keramahan petugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pagelaran.Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa karakteristik demografi pasien rawat jalan berjenis kelamin perempuan (71,9%), usia 30-44 tahun (38,5%) sebagai ibu rumah tangga (53,1%) dan pendidikan terakhir tingkat SMA (40,6%). Tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian disarana prasarana memiliki kesetaraan pada kategori puas dan sangat puas (49,0%), KIE sangat puas (60,4%), kecepatan pelayanan puas (68,8%) dan keramahan petugas sangat puas (67,7%) yang artinya tingkat kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian yang diberikan di Puskesmas dalam kategori memuaskan. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pasien dengan kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pagelaran, dikarenakan diperoleh nilai p value ≥ 0,05. Kesimpulannya pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik demografi dengan kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian yang meliputi sarana prasarana, KIE, kecepatan pelayanan dan keramahan petugas di Puskesmas Pagelaran dengan tingkat kepuasannya dalam kategori cukup memuaskan.

Pharmaceutical services are provided directly and responsibly to patients in relation to pharmaceutical preparations. The standard for pharmaceutical services in community health centers (Puskesmas) is designed to help ensure high-quality pharmaceutical care. Several factors may influence the quality of these services, including infrastructure, communication, information and education (CIE), service speed, and staff friendliness. This study aims to analyze the factors associated with outpatient satisfaction in pharmaceutical services at the Pagelaran Community Health Center. This research used a descriptive observational method with a cross-sectional approach. The results showed that the demographic characteristics of outpatients were predominantly female (71.9%), aged 30–44 years (38.5%), housewives (53.1%), and high school graduates (40.6%). Patient satisfaction levels regarding infrastructure were equally distributed between ‘satisfied’ and ‘very satisfied’ (49.0%), CIE was rated ‘very satisfied’ (60.4%), service speed was rated ‘satisfied’ (68.8%), and staff friendliness was rated ‘very satisfied’ (67.7%). These results indicate that the overall level of patient satisfaction with pharmaceutical services at the health center was categorized as satisfactory. There was no significant relationship between patient demographic characteristics and their satisfaction with pharmaceutical services at Pagelaran Health Center, as indicated by a p-value ≥ 0.05. In conclusion, there was no significant correlation between demographic characteristics and outpatient satisfaction in pharmaceutical services, including infrastructure, CIE, service speed, and staff friendliness. Overall, the satisfaction level was categorized as moderately satisfactory.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30