PENGARUH E-BOOK TERHADAP PENGETAHUAN PADA REMAJA DENGAN DISMENOREA

Penulis

  • Afdila Febriana ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Sulastri ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Heni Purwaningsih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Kata Kunci:

Dismenorea, E-Book, Pengetahuan

Abstrak

Latar belakang: menurut World Health Organization (WHO) tahun 2020, penderita dismenorea yaitu 1.769.425 (90%) perempuan yang mengalami dismenorea, 10-16% mengalami dismenorea berat. Pengetahuan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penanganan dismenorea, penanganan yang salah, tidak lepas dari sejauh mana remaja putri mengetahui tentang dismenorea dan cara penangannya (Hidayat, 2023). E-Book menjadi inovasi yang mengikuti zaman sebagai pengganti bahan ajar media cetak untuk masa depan yang lebih prospektif. Tujuan: Untuk mengevaluasi pengaruh E-Book terhadap peningkatan pengetahuan tentang dismenorea pada remaja putri. Jenis penelitian: quasi eksperiment design dengan one group pre test and post test. Populasi: siswi SMP N 7 Sukoharjo yang berjumlah 100 siswi. Sampel: 50 siswi. Teknik sampling: menggunakan nonprobability dengan purposive sampling. Analisis bivariat pada penelitian ini adalah uji wicoxon. Hasil: pada hasil analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test dari pengetahuan memperoleh hasil Asymp. Sig. 2 tailed value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: ada pengaruh yang berarti sebelum dan sesudah pemberian intervensi yakni edukasi tentang dismenorea dengan media E-Book terhadap pengetahuan  pada remaja putri di SMP N 7 Sukoharjo.

Background: According to the World Health Organization (WHO), by 2020, 1,769,425 (90 per cent) women will have dysmenorrhea, with 10-16 per cent having severe dismenorrhoea. Knowledge becomes one of the factors influencing the treatment of dysmenorrhea, the mismanagement, not apart from the extent to which teenage daughters know about dismenorrhoea and the way in which it is held. (Hidayat, 2023). E-books are an innovation that follows the times as a substitute for printed media teaching materials for a more prospective future. Objective: To evaluate the influence of e-books on increased knowledge of menopause in teenage daughters. Research type: quasi experimental design with one group pre test and post test. Population: High school pupils N 7 Sukoharjo with a total of 100 pupils. Sample: 50 pupils. Sampling technique: using nonprobability with purposive sampling. The bivariate analysis of this study is a wicoxon test. Result: Based on the analysis of the Wilcoxon Signed Rank Test on knowledge obtained Asymp. Sig. 2 tailed value 0,000 (p<0,05). Conclusion: There is a significant influence before and after the intervention of education about menopause with the E-Book media on the knowledge of teenage daughters in N 7 Sukoharjo High School.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30