INTERVENSI EDUKASI PENGENDALIAN DIRI DAN KESEHATAN MENTAL PADA SISWA SMKN 5 MADIUN MELALUI MATERI CERDAS BUKAN HANYA DI SEKOLAH

Penulis

  • Sustin Murniati STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Rina Puspitasari STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Nadia Intan Anggraini STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Diva Diah Ayuningrum Puspitasari STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Ferry Affridayanti STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Riska Ratnawati STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Kata Kunci:

Pengendalian Diri, Kesehatan Mental, Remaja

Abstrak

Dalam jenjang sekolah SMA/SMK adalah fase krusial bagi remaja yang penuh tantangan, termasuk eksplorasi identitas dan tekanan akademik serta sosial. Oleh karena itu, edukasi tentang pengendalian diri dan kesehatan mental menjadi sangat penting. Kemampuan pengendalian diri adalah fondasi untuk membuat keputusan bijak, mengelola emosi, dan menghindari perilaku berisiko seperti penyalahgunaan zat atau cyberbullying. Edukasi ini membekali remaja dengan strategi untuk menunda kepuasan dan bertindak sesuai nilai positif, membentuk karakter dan integritas diri yang kuat. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas intervensi edukasi dalam meningkatkan pengendalian diri dan kesehatan mental siswa SMKN 5 Madiun. Dengan menggunakan desain pra-eksperimen (one-group pre-test and post-test), tingkat pengendalian diri dan kesehatan mental siswa diukur melalui kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Intervensi yang diberikan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan materi edukatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pengendalian diri (dari 73,67 menjadi 89) dan kesehatan mental siswa setelah intervensi. Temuan ini membuktikan bahwa intervensi edukasi yang komprehensif efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terkait kedua aspek tersebut. Oleh karena itu, program edukasi semacam ini sangat dianjurkan untuk diterapkan secara berkelanjutan di lingkungan sekolah guna membekali siswa dengan kemampuan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

High school (SMA/SMK) is a crucial phase for adolescents, full of challenges, including identity exploration and academic and social pressures. Therefore, education about self-control and mental health is crucial. Self-control skills are the foundation for making wise decisions, managing emotions, and avoiding risky behaviors such as substance abuse or cyberbullying. This education equips adolescents with strategies to delay gratification and act according to positive values, building strong character and self-integrity. This study aims to test the effectiveness of an educational intervention in improving self-control and mental health among students at SMKN 5 Madiun. Using a pre-experimental design (one-group pre-test and post-test), students' levels of self-control and mental health were measured through questionnaires before and after the intervention. The intervention included interactive lectures, group discussions, and educational materials. The results showed a significant increase in students' self-control (from 73.67 to 89) and mental health after the intervention. These findings demonstrate that a comprehensive educational intervention is effective in improving students' understanding and skills related to both aspects.  Therefore, it is highly recommended that educational programs like this be implemented sustainably in schools to equip students with adaptive skills to face various future challenges.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30