MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RS TK III 04.06.01 WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO
Kata Kunci:
Mutu Pelayanan, Rawat Inap, Tingkat KepuasanAbstrak
Kepuasan pasien menjadi salah satu indikator utama dalam upaya penilaian sebuah pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien ditentukan oleh kualitas pelayanan kesehatan yang dikendaki tentang oleh pasien. Peningkatan mutu pelayanan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memenuhi harapan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di RS TK III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto. Jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan desain survei analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan dan tingkat kepuasan. Penelitian dilakukan pada bulan febuari 2025 diruang rawat inap RST Wijayakusuma Purwokerto. Sampel adalah seluruh pasien rawat inap di RS TK III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto yang berjumlah 76 responden dengan teknik accidental sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar kuesioner yaitu kuesioner tingkat kepuasan dan mutu pelayanan. Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil dari penelitian ini yaitu Ada Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di RS TK III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto dengan ρ value 0,000 ≤ α = 0,05.
Patient satisfaction is one of the main indicators in assessing the quality of health services. Patient satisfaction is determined by the quality of health services desired by patients. Improving the quality of service is one way to improve the quality of service in order to meet community expectations. The purpose of this study was to analyze the relationship between the quality of health services and patient satisfaction at RS TK III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto. The type of quantitative research uses a correlation analysis survey design with a cross-sectional approach. The variables in this study are service quality and level of satisfaction. The study was conducted in February 2025 in the inpatient room of RST Wijayakusuma Purwokerto. The sample was all inpatients at RS TK III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto totaling 76 respondents with accidental sampling techniques. The tool used for data collection was a questionnaire sheet, namely a questionnaire on the level of satisfaction and quality of service. Data analysis used the Spearman rank test. The results of this study are that there is a relationship between the quality of health services and patient satisfaction at Class III Hospital 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto with a ρ value of 0.000 ≤ α = 0.05.