PENGALAMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 1 DI SLB C MUZDALIFAH: MEMBANGUN KESADARAN KESELAMATAN ANAK

Penulis

  • Muhammad Raihan Zaky Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara

Kata Kunci:

Informasi Keselamatan Anak, PKL, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Khusus, Tunagrahita

Abstrak

Praktik Kerja Lapangan 1 di SLB C Muzdalifah telah memberikan pengalaman berharga dalam memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi anak-anak Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan menggali pengalaman tersebut serta mengintegrasikan informasi keselamatan anak sebagai bagian pendidikan inklusif. Melalui metode observasi dan interaksi langsung, penulis menemukan pentingnya melakukan pendekatan sensitif terhadap kebutuhan anak-anak Tunagrahita serta pentingnya program edukasi yang berfokus pada pengetahuan keselamatan anak. Hasil dari pengalaman ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih positif terhadap pengembangan kurikulum dan program di SLB.   Kata Kunci: Anak-Informasi Keselamatan Anak, Praktik Kerja Lapangan, Pendidikan Inklusif, Anak-anak Tunagrahita.

Field Practice I at SLB C Muzdalifah provided valuable insight into the needs and challenges faced by children with intellectual disabilities. This study aims to explore the experiences, while integrating child safety information as a part of inclusive education. Through observation and face to face interaction, writers found the importance of special approach towards the needs of the mentally disabled childrens. Also the urgency of an educational program, that focus on children’s safety. From this experience, positive contributions towards the curricula and programs there is expected.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30