MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KELINCAHAN BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Fasfakhis Shafkhal Jamil Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta
  • Slamet Sukriadi Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Kebugaran Jasmani, Kelincahan, Permainan, Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kelincahan berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran kelincahan berbasis permainan, yang telah direvisi oleh ahli kebugaran jasmani, ahli permainan, dan ahli pembelajaran. Sebanyak 18 model telah diuji coba di SDN Cilandak Timur 03 Pagi dan divalidasi oleh dosen ahli kebugaran jasmani, dosen ahli permainan, dan ahli pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kelincahan berbasis permainan ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar, sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih optimal. Berdasarkan temuan penelitian, model pembelajaran kelincahan berbasis permainan ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan diterapkan pada siswa kelas atas sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31