Implementasi Penerapan Kebijakan Pelayanan BPJS di Puskesmas Stabat, Kab. Langkat
Kata Kunci:
Pelayanan, BPJS, jaminan, pengobatan, kebijakanAbstrak
Pelayanan merupakan salah satu bentuk pemberian jasa kepada masyarakat seperti di bidang kesehatan maupun yang lainnya. Pelayana yang baik dapat dilihat dari kepuasan pelanggan terhadap jasa yang diberikan. Jika masyarakat menganggap baik pelayanan tersebut, sehingga memungkinkan untuknya datang kembali ke pelayana tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan kebijakan pada pelayanan kesehatan BPJS dan menyesuaikan dengan kebijakan pelayanan BPJS yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif yaitu mendapatkan data dan menjelaskan data tersebut secara deskriptif.teknik pengumulan data yang digunakan yaitu menyebarkan kuesioner kepada masyarakat serta meminta data langsung ke Puskemas. Metode pengambilan sample dilakukan dengan teknik probalitu sampling yaitu memberikan peluang kepada masyarakat yang sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini dapat digunakan untuk mengevaluasi penerapan pelayanan kesehatan di Puskesmas Stabat. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa penerapan palayan BPJS sudah teralisasi dengan baik seperti kamar rawat inap,sistem rujukan dan pembiayaan pengobatan. Hasil dari penelitian ini bahwa masyarakat jga sudah mendapatkan pelayanan yang memang seharusnya pengguna BPJS dapatkan.